Tips Memilih Pendingin Untuk CPU

Ada performa ada uang, itu kalau orang bilang. Tapi dibalik itu tersembunyi die yang bisa membuat panas. Ya, panas. Anda tidak salah baca. Maka dari itu, kami menyusun kiat-kiat cara memilih pendingin untuk menjinakkan suhu CPU

Sebagian prosesor biasanya dibekali dengan pendingin bawaan. Namun, anda jangan berharap jika pendingin tersebut bisa menghasilkan performa yang mumpuni.
Anda bisa mengganti pendingin bawaan tersebut dengan pendingin aftermarket. Berikut adalah tips dalam memilih pendingin

1. Pastikan heatpipe terbuat dari nickel
Nickel dipilih untuk menjinakkan panas dengan teratur. Maka dari itu, jika ingin memilih, cari HSF yang berwarna silver. Sedangkan tembaga bisa digunakan sebagai heatpipe dari HSF
2. Pastikan anda membeli TIM tambahan
TIM ( Thermal Interface Material ) adalah pengisi ruang antara HSF dengan IHS CPU. HSF digunakan untuk memperbesar pengantaran kalor ketimbang tanpa TIM. Kami merekomendasikan anda membeli Noctua NT-H1, karena saya membeli laptop, dan pendinginnya saya bersihkan, dan menambahkan Noctua NT-H1, saya mendapatkan suhu 16 C pada suhu ruang 16 C
3. Jika HSF anda men-support pemasangan dengan fan ganda, Tambahkan Fan!
Pengalaman saya di grup JKPK, ada yang berkonsultasi dengan masalah pendinginnya kurang mumpuni. ada yang bilang ganti TIM, naikkan RPM Fan, underclock CPU. Saya menggunakan laptop, suhu idle pada ruang 25 C adalah 29 C. Saya tambahkan Corsair AF120, alhasil turun 25 C ( menyesuaikan suhu ambient atau suhu ruang )
4. Ganti menjadi Liquid Cooling
Bagi anda yang mengoverclock CPU dengan pendingin pas-pasan, maka hal ini menjadi penghalang besar bagi anda. Kami merekomendasikan Corsair H60 atau Cooler Master Seidon 120V dengan harga dibawah 1.000.000. Dengan tambahan anda mesti menambahkan fan untuk suhu yang lebih dingin lagi
5. Beli pot Liquid Nitrogen
Bagi anda yang kalangan overclocker, harusnya anda tidak asing dengan sistem pendinginan ini. Pot ini bisa dubuat dari kaleng susu bekas dan besi batangan 2mm, dan triplek sebagai backplatenya. Saya sendiri belum pernah mencoba LN2 dengan pendingin rakitan saya ini, namun teman saya ada yang ingin mencoba, saya masukkan air es ke kaleng susunya, alhasil turun menjadi 14-13 C

6. Pastikan budget anda longgar
Pendingin murah dengan performa mumpuni sekarang susah dicari. Kecuali PCCooler S90D yang memiliki harga 160.000 dan menunjukkan penurunan suhu 13 C dibawah pendingin bawaan Intel
7. Baca review
Bagi anda yang mengidamkan pendingin tapi belum tahu bagaimana performanya, kami sarankan anda membaca reviewnya di laman web www.jagatreview.com Disana banyak review, info seputar komputer, dan tak lupa Overclocing

Sekian dari saya, Mas Dewa. Terima Kasih


EmoticonEmoticon